Arsip Kategori: KEGIATAN DESA

HARI BATIK NASIONAL

2 Oktober dikenal sebagai hari batik nasional. bertepatan dengan 2 oktober tahunini jatuh pada hari rabu yang seharusnya menggunakan seragam putih namun karna bertepatan dengan hari batik, pemerintah desa mengintruksikan untuk hari rabu ini menggunakan seragam batik untuk turut memperingati hari batik nasional. “karna batik adalah warisan budaya yang sudah sepatutnya kita banggakan sebagai warga indonesia, makanya kita mengintruksikan tetap menggunakan batik pada hari rabu ini” sekdes tembongraja ( kasno efendi ).

dibeberapa daerah nusantara terutama yang dikenal kental dengan kebudayaannya batik bukan barang baru karna ada beberapa daerah yang memiliki batik dengan motif ciri khas tersendiri. salah satunya dikabupaten brebes memiliki batik yang dikenal dengan batik brebesan dimana batik tersebut asli dari salem dengan beberapa motif khasnya seperti motif daun kopi. batik salem ini sudah dikenal bukan hanya dikabupaten brebes bahkan batik ini sudah beberapa kali mengikuti event tingkat nasional.

mari jaga dan lestarikan batik sebagai salah satu identitas indonesia dimancanegara. SELAMAT HARI BATIK NASIONAL

MUSDES 2019

Pembukaan MUSDes Desa Tembongraja 2019
Dihadiri seluruh elemen Desa Tembongraja

( Tembongraja, Kamis 19/09/2019 )

PERJALANAN MUSDUS

Kegiatan musdes merupakan akhir dari perjalanan guna mempersiapkan pembangunan desa yang didanai dari APBDes. setelah rangkaian cukup panjang yang dilaksanakan oleh BPD dan Pemerintah Desa Tembongraja dalam menggalang aspirasi masyarakat untuk pembangunan di masing-masing lingkungannya dengan kegiatan musdus ( musyawaroh dusun ) di 6 ( enam ) dusun yang ada di Desa tembongraja, dimulai dari cihiris, cungging, pasirlaja, cimaras + bangunkerta, tembongraja dan tegalgede sehingga terbentuk tim dari masing-masing dusun yang disebut dengan tim lima, yang akan membawa usulan dari masing-masing dusun kedalam perumusan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

PRAMUSDES DAN MUSDES

Usai melaksanakan musdus dan terbentuknya tim lima dari dusun dilanjutkan dengan pramusdes dengan agenda memilih masukan dari masyarakat untuk menjadi prioritas pembangunan. sehingga pada kegiatan musdes sudah terpilih rencana pembangunan dari masing-masing dusun yang diajukan. total ada 15 kegiatan yang masuk dalam kategori pelaksanaa pembangunan desa. yaitu :

  1. pengaspalan jalan makam desa ( pasir )
  2. betonisasi ( cihiris )
  3. peningkatan jalan usaha tani ( cungging )
  4. jembatan ( cungging )
  5. pengaspalan jalan lingkungan ( cimaras )
  6. pembanunan talud ( cimaras )
  7. pengaspalan jalan lingkungan ( tembongraja )
  8. penyelesaian GOR garuda sakti ( tembongraja )
  9. gerbang kantor desa ( tembongraja )
  10. pengaspalan jalan lingkungan ( tegalgede )
  11. pengembangan air bersih ( tegalgede )
  12. pembangunan tanggul air bersih ( tegalgede )
  13. pembangunan saluran air ( tegalgede )
  14. pembangunan lapangan voli ( tembongraja – tegalgede )
  15. pengadaan bak tampung air bersih ( tembongraja )
  16. RTLH 8 Rumah.

MONEV APBDes 2019 DESA TEMBONGRAJA

acara pembukaan monev oleh kecamatan di desa tembongraja

(kamis, 05/09/19) Pendapatan seluruh dana / keuangan yang masuk ke pemerintah desa harus terkontrol dengan baik, karna itu merupakan amanat yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa untuk kebaikan dan pembangunan masyarakat desa. pendapatan tersebut baik dari DD (dana desa), ADD (anggaran dana desa), bantuan kabupaten, bantuan provinsi ataupun bagi hasil pajak.

Dalam kegiatan ini hadir dari pihak kecamatan yaitu, Camat salem, kasi PMD, kasi Pemerintahan dan TPPI ( PD dan PLD ) serta seluruh aparatur desa tembongraja dimulai dari kepala desa sampai jajaran tingkat Kadus yang berada di desa tembongraja.

dalam sambutannya camat salem bapak Drs Nur ari haris yuswanto M.Si menyampaikan beberapa hal yang menjadi sorotan dalam acara monev ini, diantaranya.

  1. kegiatan ini merupakan monitoring sekaligus pengingat seluruh pemasukan dan pengeluaran APBDes.
  2. senantiasa untuk menjaga kekompakan dalam pelayanan terhadap masyarakat.
  3. memaksimalkan BUMDes
  4. menerima kritik dan saran dari pihak luar dengan bijak
  5. persiapan tahapan pilkades agar berjalan dengan baik dan lancar.

selain itu dari pihak kecamatan kembali mengingatkan untuk tetap mengenalkan program LISA supaya sampai ke masyarakat dengan harapan program ini benar-benar berjalan dan kecamatan salem terbebas dari sampah.

dari pihak desa sendiri selaku kepala desa bapak Darno susanto SIP menyambut dengan baik kedatangan seluruh tim monev dari kecamatan salem. serta merespon seluruh hal yang disampaikan oleh bapak camat salem ” kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim dari kecamatan dan semoga seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan” ujar kades tembongraja. ada beberapa hal juga yang disampaikan oleh kepala desa, diantaranya :

  1. memberikan saran kepada para perangkat desa untuk sungguh – sungguh dalam pelayanan dan pengabdian.
  2. memberikan apresiasi sangat besar dengan adanya program LISA
  3. meminta arahan kepada pihak kecamatan dalam segala pengerjaan yang dilaksanakan oleh desa tembongraja.

setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan monitoring pengerjaan dan administrasi seluruh kegiatan desa tembongraja yang dilaksanakan oleh kasi PMD, kasi Pemerintahan dan pendamping desa.

kegiatan monitoring dan evaluasi

Usai seluruh rangkaian selesai seluruh peserta kegiatan monev dari kecamatan dan desa tembongraja melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di masjid jami al falah dan dilanjutkan dengan acara makan siang sebagai penutup kegiatan ini.

makan bersama usai kegiatan selesai
keakraban dan kebersamaan makan bersama di aula desa tembongraja

by ” zef

GIAT BERSIH PEMDES

pamong desa tembongraja melaksanakan giat bersih

(05/09/2019) Pemerintah Desa Tembongraja melaksanakan giat bersih pasca beresnya pembangunan GOR garuda sakti yang berada di area kantor pemerintahan desa tembongraja. seluruh perangkat desa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, dimulai Kadus, staf kaur / kasi, kaur / kasi , sekdes dan kepala desa sendiri turut membantu memberikan arahan kegiatan ini.

Area GOR garuda sakti dan kantor desa tembongraja dibersihkan

Sejalan dengan program dari kecamatan salem yaitu LISA( lihat sampah ambil ) tentu kegiatan ini sangat saling berkaitan karna masih berkaitan dengan sampah dan kebersihan lingkungan. selain kegiatan giat bersih ini pada hari jumat sebenarnya sudah ada program jumsih ( jumat bersih ) tapi sengaja kegiatan ini dilaksanakan oleh pemerintah desa sebagai bentuk rasa syukur karna pembangunan GOR yang selama ini diidamkan telah selesai dan siap digunakan, selain itu dengan adanya kegiatan diluar ruangan kantor ini bagi para pamong desa tentunya menjadi ajang silaturahmi karna bisa bercengkrama bersama dan refreshing sesaat dari kegiatan kepemerintahan sehari-hari.

” kegiatan ini tentu akan kami pertimbangkan untuk menjadi program rutin entah itu satu bulan sekali atau bisa dua bulan sekali dihari kerja karna sangat bermanfaat sekali ” ujar kepala desa tembongraja Bpk Drano susanto SIP.

PENGASPALAN JALAN MENUJU LAPANGAN ANDAMUI

Kegiatan Pemuda kampung tembongraja 1

Kegiatan Pemuda kampung tembongraja 2

Pada tahun 2019 sesuai perencanaan pembangunan desa, pengaspalan menuju lapangan andamui di dusun 3 kampung cimaras dilaksanakan. bekerjasama dengan organisasi pemuda kampung tembongraja yang tergabung dalam HIPPMAT ( himpunan pemuda pelajar dan mahasiswa tembongraja ) sebelum pengaspalan dilakukan perkerasan jalur yang akan diaspal dan dilaksanakan oleh HIPPMAT.
menurut kepala desa Tembongraja ( Darno Susanto ) ” sumber anggaran untuk pengaspalan ini bersumber dari DD ( dana desa tahun 2019 ) sesuai dengan perencanaan pembangunan pada MUSDES tahun 2018 ”
pengaspalan ini direncanakan selesai pada bulan oktober awal menurut casran selaku KAUR umum dan perencanaan.
” kegiatan ini tentu sangat kami apresiasi karna lapangan andamui cimaras merupakan lapangan kebanggaan dan lapangan utama tim omega fc untuk berlatih, mengadakan turnamen dan menerima kunjungan dari tim lain. dengan diperbaikinya jalur menuju lapangan ini tentu sangat memudahkan dan memberi kebanggan terbaru bagi kami karna kami merasa diperhatikan oleh pemerintah desa ” ujar ketua HIPPMAT ‘agus samsudin’
by : zef